Dalam setiap usaha yang kita lakukan pasti ada tantangan dan rintangan nya. apakah itu berat atau ringan sebuah tantangan harus kita hadapi jika ingin berhasil menundukkan tantangan yang kita hadapi.
Dalam menjalani bisnis Oriflame juga banyak tantangan dan rintangannya, ditambah lagi sekarang sudah banyak orang yang menjadi konsultan Oriflame, banyak yang memandang miring bisnis MLM, banyak yang gagal dalam bisnis MLM, dan masih banyak lagi tantangan-tantangan yang harus kita hadapi, tapi apakah kita harus menyerah? tentu saja tidak....!!
Diantara banyak orang yang saya sebutkan diatas, masih lebih banyak lagi orang-orang yang masih berfikir positif, masih tetap komitmen untuk sukses, dan banyak orang-orang yang masih yakin bisnis MLM bisa membuat kita terbebas dari kesulitan financial. DIsinilah tantangan itu kita hadapi, apakah kita mampu menemukan orang-orang semacam ini?
Mungkin yaa mental dari kita sendiri yang merupakan rintangan kita menjalankan bisnis MLM ini. Mental yang masih malu ngejalanin bisnis MLM, mental yang ngerasa gengsi nawar2in produk kayak sales aja yaa..? mental yang ngga mau susah, mau nya yang gampang-gampang aja, tapi cepet dapet duit, emang ada yaa bisnis kayak gitu?
Laluu...bagaimana menghadapi tantangan dan rintangan dalam menjalani bisnis Oriflame ini? yuuk simak rangkuman saya dari penjelasan Mba Nadia Mutia yang notabene sudah terbukti sukses di dBC Network dan sebagai pendiri dBC Network.
Apa aja sih yang orang anggap jelek soal M*L -M?
1.Ada target! dan kebanyakan orang ngga mau dikejar-kejar target.
Soal Dikejar Target, kalau di Oriflame...apalagi di dBC Network ini, biasanya kitaa nih (upline) akan ajarin downline-downline nya untuk selalu bertanya dan memastikan dulu diawal -- sejak pertama kali mengajak seseorang gabung disini:
"Niatnya masuk Oriflame apa?"Apakah hanya ingin jadi pembeli?Apa hanya seneng jualan aja? Atau karena memang tertarik sama segala cerita atau iklan kita, bahwa disini bisa jadi sumber penghasilan?
Kenapa harus ditanyakan dari awal? Karena target akan disesuaikan keinginan kok.
Kalau hanya maunya jadi pembeli biar dapet diskon...Maka ceritakan bahwa kita pun hanya akan memberikan dukungan, sesimple memastikan orang tersebut tadi cukup punya 1 katalog Oriflame setiap bulannya.
Tapi kalo pas ditanya...orang tersebut memang senengnya jualan..maka ceritakan juga
bahwa kita akan memberitahu caranya berjualan dan langsung menghasilkan uang di Oriflame.
Mislanya dengan cara investasi 20 katalog setiap peroide katalognya.
Ceritakan juga: "Katalog itu seperti toko kita lhoo...produk-produknya ada disana, penjelasan masing-masing produk ada...harganya ada...dan diskon-diskonnya pun banyakk...nah semakin banyak toko kita (katalog) beredar maka semakin banyak orang yang tahu kalau kita itu jualan Oriflame lhoo...mungkin aja kaan diantara orang-orang yang kita bagikan katalog ada yang tertarik untuk membeli, maka laba penjualan akan semakin besar...kita untung kaan...."
Ada juga mungkin yang akan langsung bercerita bahwa ia memang serius pengen berpenghasilan
yang lebih dari sekedar laba penjualan... Maka tentunya kita bisa langsung menceritakan bahwa kita sebagai up*line akan memberikan support yang lebih.
Misalnya?
Dukungan fasilitas dan dukungan moril pastinya :) Saling mengingatkan soal target dalam sebuah jaringan, dalam sebuah team, antara sponsor dengan dow*nline nya..dan seluruh jaringannya menjadi hal yang "wajib"Karenaa.. memang disini, ga bisa sukses alias berhasil tanpa membantu upl*ine dan dow*nline nya.
Jadi keliatan kan yaa..Soal target ini pun sebetulnya akan kembali lagi pada diri masing-masing kok. Karena biasanya,saya pun mengingatkan dline-dline saya untuk cari tahu diawal ...
apa sih targetnya? kenapa sih mesti tanya target?
karenaa...eh karena...Target seseorang yang ingin punya penghasilan 500rb sebulan dengan target seseorang yang inginkan penghasilan 1 atau 4 juta per bulan akan berbeda cara kerjanya.
Misalnya Saya punya member baru bernama A, Maka dari awal saya dan leader-leader saya pastinya...akan bertanya: Targetnya si A ini apa? Berapa rupiah sebulan? Kalo kami sebagai upline sudah tau...Maka kami akan balik menginformasikan:
"Oh, kalo mau penghasilan sekian, Itu artinya harus mencapai level sekian persen. Level sekian persen itu minimal mengumpulkan sekian poin. Sekian poin biasanya didapat dari rata-rata sekian orang dalam jaringan" dan sebagainya...dan sebagainya...
Sistematis. Itu kuncinya.
Sistematis dan kita bekerja masing-masing berdasarkan TARGET. Jadi.. ditarget bukanlah oleh sang up*line Tapi anda sendiri yang harus menentukan...Targetnya yang mana? Tugas up*line...
adalah memastikan downline tau step by step mencapai target tersebut.
d'BC Network akan membimbing secara realistis, bahwa yang serius hanya akan mengejar-ngejar downline yang serius, yang memang mau dikejar-kejar karena memang kebutuhannya sendiri untuk dikejar :)
2. Harus tutup poin. Ada bisnis MLM yang tidak perlu tutup poin
Mungkin ada beberapa jenis bisnis yang salah satu promosinya adalah "Tidak Perlu Tutup Poin" Tapi untuk Oriflame tutup poin menjadi wajib dengan beberapa alasan yang justru akan memperlihatkan kenapa ini bisnis yang realistis, adil, dan sehat :)
Realistis, Tutup poin adaah bagian dari modal. Bisnis yang bener... pasti akan memerlukan modal. Kami pun sama sekali ga berani menyatakan" ini bisnis yang tanpa modal !"
Kami akan jujur berkata bahwa...ini bisnis yang tetap butuh modal, waktu, energi, perhatian, serta uang. Dan bagian yang modal uang tadi bisa menjadi relatif murah..Itu yang akan kami latih dan bimbing... :)
Adil, Di Oriflame ada sistem level. Dimana yang berhasil mengumpulkan sejumlah poin tertentu,
akan mendapatkan bonus yang disebut performance discount. Besarnya jumlah bonus adalah sekian persen dari omzet seorang consultant bersama seluruh downline dan jaringannya. Di Oriflame...untuk bisa mendapatkan bonus ini ada syaratnya..... Antara lain, kita harus tutup poin.
Jadi walaupun jaringannya amat besar dan aktif sehingga mengumpulkan poin yang besar omzetya
(sehingga bonus atau performance discount semakin besar)...-- tapi kita sendiri tidak melakuan pembelanjaan minimal untuk tutup poin pribadi --
maka bonus atau performance discount kita akan hangus, tidak dikeluarkan oleh Oriflame.
Sehat? Ya. Karena tutup poin sebetulnya artinya: Membeli barang Oriflame sejumlah minimal 100 BP / poin setiap katalognya, dan kami akan mengajarkan bagaimana agar tutup poin bisa dilakukan dengan mudah....Misalnya dengan mengalihkan belanja bulanan kebutuhan kosmetik dan perawatan badan anda, atau dengan berjualan atau dengan penggabungan keduanya! karenaa..ngga semua orang bisa mengalihkan 500ribuan langsung ke kebutuhan rumah tangga... Dengan melakukan penjualan justru kita melakukan sesuatu yang menjadi saran oriflame sendiri
yaitu:
Make Money Today!
3. Ngga bakat jualan, jualan itu bukan bakat tapi kemauan dan kebutuhan
Untuk mempunyai jaringan yang sehat..d'BCN harus menularkan ilmu sebanyak mungkin pada jaringan masing-masing :)
Itu sebabnya d'BC Network menyediakan berbagai fasilitas dan dukungan baik berupa tools yang sudah "jadi" maupun dalam bentuk training dan e-training...Yang pastinya semua berdasarkan dukungan dari perusahaan. Termasuk cara berjualan, cara-cara mudah untuk menambah pengetahuan tentang produk-produk Oriflame. Ada training offline yang diadakan di cabang-cabang Oriflame atau di kantor pusat Sudirman, atau kalau ngga punya waktu untuk datang bisa ikuti e-training online lewat Facebook
Ngga jualan juga bisaa...dengan cara mengalihkan semua belanja bulanan pada produk Oriflame sebagai bagian dari tutup poin. Itu Luarr Biasa Banget kalau bisa, dan Anda tinggal fokus merekrut member.
Tapi tutup poin kan butuh banyak tuh, bagi yang keuangan pas-pasan, pasti berat banget deh ngejalaninnya setiap bulan. Nah...bagi yang ngerasa berat perlu untuk jualan.
Segala sesuatu yang berkaitan
dengan kesuksesan atau keberhasilan atau apapun itu...
Pasti harus ada usahanya.
Kalau ngerasa ga bisa jualan yaa...belajar dulu cara jualan. Udah ada trainingnya di Oriflame maupun dBC Network.
4. Ngga pinter ngomng, ngga bisa ngajak orang
Kenapa sih ada orang yang ga suka ngomong? susah untuk ngomongin sesuatu?
Orang yang ga bisa ngomong,karena dia ngga pede dengan apa yang diomonginnya, yang ga berani menyapa orang lain, yang ga berani menceritakan soal bisnis apa yang sedang ia kerjakan saat ini...Ituuuu adalah orang-orang yang belum ada ilmunya. Yang masih bingung ...apa yang mesti dijelasin ke orang lain.
Hee..he..sebenernya itu masalah saya juga sih, makanya saya ikut Oriflame di jaringan dBC Network, soalnya ngomomgnya ga perlu pake mulut, ga perlu tatap muka sama orangnya cukup ditulis aja. Tapii...perlu juga sih belajar untuk PeDe ngomong kayak Mba Nadia tuh ....
Yang penting adalah niat untuk:
Tambah ilmu sebanyak-banyaknya soal Oriflame. Sistemnya. Level-levelnya. Bonusnya. Penghargaannya apa saja.
Pelajari apa itu d'BC Network. Belajar juga dari pengalaman sesama d'BCNers. Belajar dari keberhasilan orang-orang yang kita kenal di dBC Network yang sudah berhasil.
Banyak kok sumbernya. Ada Newsletternya oriflame yang dicetak beberapa kali dalam setahun. Ada berbagai sharing di Forum member areanya d'BC Network.
Kadang-kadang ngomong itu bisa dimulai dari pembicaraan yang sangat amat sederhana kok.mulai dari cerita tentang anak, cerita teman-teman, pekerjaan, nah...pas cerita soal pekerjaan nih bisa di masukkin bahwa kita juga bekerja di bisnis Oriflame ini dan bla..bla..bla..deh.
5. Takut di tipu
Oriflame Sweden adalah Perusahan yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Berada di 63 negara di dunia. Terdaftar dalam bursa saham dunia.Apakah mungkin selama itu menipu orang? di banyak negara lagi....
Robert dan Jonas Af Jachnick adalah dua kakak beradik asal Swedia yang kalo di google pun akan keliatan kok mereka real. Mereka ini beneran ada. Mreka ini membangun perusahaan ini sejak beberapa tahun yang lalu sampai ekseiiiss sebesar ni...
Support Office Oriflame Indonesia telah pindah ke area perkantoran elite Sudirman, tepatnya di wisma Standard Chartered yang amat megah dan menjadi kantor Oriflame terbesar di Asia! Yang tadi nya letaknya di bulungan.
Sekarang bicara d'BC Networknya
Bisa kok langsung liat aneka blog, social media yang menceritakan keberhasilan nyata bukan hanya dari Mba Nadia dan Dini sebagai 2 pendiri nya...
tapi juga dari puluhan bahkan kini ratusan anggota d'BCN lain yang tersebar dari Sabang sampai Merauke... tua, muda, pria, wanita, remaja, ibu rumah tangga, kantoran, pebisnis, dan lain-lain...
7. Yang paling duluan masuk yang tambah kaya
Di Oriflame ada sistem yang amat adil, baik masalah jenjang karir, perhitungan perolehan performance discount dan bonus...dan penghargaan lainnya...
Sistem ini yang memungkinkan siapa pun juga... punya kesempatan untuk menjadi berhasil... Tanpa mempedulikan siapa up*line...Tanpa terpengaruh kapan masuknya...Untuk bisa menjelaskan hal ini pastinya kita harus belajar.
Belajar tentang sistem. Tentang jengjang karir dari Oriflame.Belajar tentang gimana sih cara-cara hitung bonus itu. Kenapa ada yang bisa dapetin 100ribu? Kenapa ada yang bisa dapetnya empat jutaan? Kok bisa ya sampe puluhan juta?
Nah, kalau di d'BC Network...kita pasti tau kalo hal-hal ini pun kita ajarin. Sampai cara perhitungan bonus yang paling basic sampai advance.
Kalau baru di level 0-9%,memang belum bisa akses pembelajaran ini.Baru belajar hal-hal basic dari Oriflame dulu yah.
Yang pentig sebagai pemula nih adalah:
- Perlihatkan katalog.
- Undang orang ke training atau ke pertemuan-pertemuan serius tapi seru kita...
- Dan kita sendiri nih harus menghadiri juga training atau e-training yaaa.
- Pelajari juga hal-hal dasar lain seperti apa itu poin, cara order, cara daftarin do*wnline baru, dstnya.
Nah, kalo sudah manager 12% baru deh kita akan masuk ke pembelajaran yang lebih "dalem" termasuk cara hitung performance discount, semuanya transparan kok...
Ini adalah hal-hal yang boleh juga kita ceritain pada prospek untuk meyakinkan mereka.
Di Oriflame semua kesempatannya sama ga liat usia, latar belakang, pendidikan, kapan masuknya, gender, apakah seorang up*line ataukah seorang d*ownl-ine...Semua hanya akan tergantung pada kemauan kita sendiri
Mau?
Mau belajar dan action?
8. Oriflame? Kan udah banyak saingan?
Yaa memang sih Oriflame itu sudah sangat terkenal di Indonesia dan banyak yang menjadi konsultan nya, tapii...berapa banyak yang serius? berapa banyak yang sudah ngga aktif lagi..?
Penduduk Indonesia saat ini 240jutaan jiwa kan ya? dan yang jadi anggota Oriflame saat ini...
"baru" 300ribuan orang...kita masih punya kesempatan untuk merekrut banyak sekali orang-orang di sekitar...Beberapa hal yang harus diingat "Jangan mikir kalo mau merekrut!" :p
Maksudnya gini.
Daripada mikir-mikir panjang...
"Duh si A sudah Oriflame atau enggak ya."
"Hmm..si B kayaknya jago jualan deh,
aku tawarin apa ngga ya?"
Just Do It!
Siapa aja sih yang bisa kita rekrut?
1. Kakak adek
2. Tetangga
3. Temen kantor
4. Temen kuliah
5. Temen sma
6. Temen smp
7. Temen sd
8. Temennya tetangga.
9. Temennya kakak adek
10. Temennya temen kantor
11. Temennya temen kuliah
12. Temennya temen sma
13. Temennya temen smp...
Dan seterusnya hehehe...
Intinya.
Siapapun bisa.
Percaya deh..
Coba lihat list friends di Facebook, Apa yakin mereka semua sudah tau kalo kita adalah seorang konsultan Oriflame?
Coba lihat phonebook handphne kita, Ada berapa namakah disitu? Yakinkah bahwa semua sudah tau bisnis Oriflame yang kita jalankan?
Oriflame Sweden menargetkan Indonesia dalam 5-10 tahun kedepan menjadi negara dengan jumlah konsultan Oriflame terbanyak di dunia.
Artinya mereka akan all out untuk mem-fasilitasi ini. Artinya mereka sudah melakukan riset menyeluruh bahwa ini adalah hal yang sangat mungkin. Dan siapa yang akan merekrut ratusan konsultan itu? tentu nya kita harus ambil bagian
Saingan?
Kalo kita lihat di ITC ITC yaaa..Justru peletakan toko-toko diatur sedemikian dimana toko hape jadi satu sama toko hape,dimana toko mainan biasanya kumpul sama toko mainan,begitu juga toko baju misalnya.
Sekarang,Tinggal bagaimana kita menguasai sistem bisnis
menguasai promosi, menguasai produk, untuk selalu bisa yang terdepan dari para "saingan" ini :)
Rejeki nggak akan kemana yah...Sudah banyak teman-teman di d'BCN yang membuktikan kok.
Ngga peduli mereka masuknya kapan, latar belakangnya.
Pekerja kantoran atau ibu rumah tangga...
At the end of the day,
mereka bisa maju karena merekrut orang-orang sekitar :)
9. Produk luar negri kan mahal?
Pelajari betul isi Katalog Oriflame setiap bulannya.
Dalam setiap bulannya pasti ada banyak produk yang sedang DISKON...Jadi kalo sedang ingin berjualan, prioritaskan menawarkan produk yang sedang diskon.
Satu lagi yang penting kita juga harus bisa menjelaskan bahwa,sebetulnya setiap jenis produk oriflame itu ada level-levelnya, misalnya lipstick ada yang diatas 100ribu, ada yang 70ribuan ada juga yang hanya 30ribuan saja, ga mahal kaan?
Tapi jangan bilang kualitasnya sama yaa...karena harga itu menunjukkan kualitas lhoo, bukan berarti nanti kita bilang yg harga nya murah itu jelek, hanya kualitas lebih rendah dari yang harga lebih mahal.
Tolong ini jadi poin juga yang dijelaskan pada customer yaa...Begitu juga aneka produk lain.
Ada kok jenis produk yang sama, tapi range harga yang berbeda ;)
Kembali ke pertanyaan awal...Kalau masalah harga karena Oriflame adalah produk luar, Jangan khawatir yaaa...
Nah yang saya rasakan adalah,
Saat menjalankan oriflame,Saya sangat dimudahkan dalam hal penjelasan produk.
Karena... Biasanya orang udah ga perlu penjelasan Soal cara pakai sabun :) Cara pakai shampoo.
Cara pakai lipstik pun yang bapak-bapak pasti tahu! :)
Jadi tenang aja yaa, Anda akan bisa fokus pada menjelaskan bisnisnya bila menjalankan Oriflame ini!
Ohya,
Akan jauh lebih baik kalau kita sendiri adalah pemakai, sehingga bisa menjelaskan pada customer
Gimana sih rasanya..eh...baunya si parfum :) Kelembutannya si body cream... Wanginya si sabun dan shampoo....
Lembabnya si lipstik. Kerennya si foundation....Sehatnya si Nutrishake...Dan lain-lain....
Kalau kita bisa meyakinkan saat menjelaskannya,
Apalagi dengan binar-binar...
Percaya deh...
Akan lebih mudah meyakinkan customer soal harga yaaa!
10. Kehalalannya gimana ya?
SUdah aku jelaskan di artikel Apakah Produk Oriflame HALAL?
So...ga ada alasan untuk ngga Oriflame kaan?